Prefab dengan Unity

Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali.

Kali ini, kita akan belajar Prefab dengan Unity.

Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru. Lalu klik GameObject -> 3D Object, pilih Plane dan ganti dengan Lantai1.




Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya menggunakan Scale Tool di pojok kiri atas atau masukkan angkanya pada panel transform.


Angkat posisi Lantai2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya.






Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child.Atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit di atas Lantai2 



Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Sphere dan ganti namanya menjadi Bolaku. Lalu Import new asset.



Klik Bolaku dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component -> Physics -> Rigidbody.




Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama Bounce. Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.





Tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik Bolaku.


 Untuk menjadikan prefab drag Bolaku dari jendela Hierarchy ke panel assets.




Lakukan prefab bolaku, Lalu buat script C# dengan nama Gandakanbola.cs




Agar event munculnya bola tidak hanya melalui tombol yang ada di GUI, tetapi juga bisa menggunakan salah satu tombol yang ada di keyboard, misalnya saja tombol “v”. Jadi ketika ditekan tombol “v”, muncul bola dari prefab.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Translate dan Raycast dengan Unity

E-Payment

AI Sederhana