GUI Skin dengan Unity
Pada Tutorial ini materinya adalah belajar GUI Skin dengan Unity.
Buatlah project baru di Unity, kemudian tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama BelajarGUISkin.
Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.
Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer. Pastikan semua assets yang akan digunakan sudah di-import.
GUI Skin memiliki 2 jenis font, Ada font global yang letaknya di panel paling atas, dan ada font lokal yang berada di setiap parameter GUI.
Ubah font khusus button dengan drag file font pada Assets ke Button -> Overflow. Atau klik tombol kecil di sebelaha kanan kolom Font lalu browse, cari Font pada Asset.
Lalu ubah Font Size menjadi 24.
Berikutnya ganti background pada Button.
Ganti Background pada Toggle:
Button -> Normal
Button -> Hover
Button -> Active
Berikutnya pada Button, istilah Toggle mungkin agak kurang familiar. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah Checkbox. Pada Contoh kali ini, toggle dimanfaatkan untuk pengaturan suara.
Ganti Background pada Toggle:
Toggle -> Normal
Toggle -> Hover
Toggle -> Active
Toggle -> On Normal
Toggle -> On Hover
Toggle -> On Active
Kemudian, buat script C# baru dan beri nama MenuSkin.cs dan edit file menjadi seperti berikut
Pasang script MenuSkin.cs pada GameObject (misalnya MainCamera), lalu pasang parameter mySkin dengan BelajarGUISkin.
Selanjutnya kita jalankan Game, contoh tampilan saat game dijalankan seperti gambar di bawah ini
https://www.budiluhur.ac.id/
Buatlah project baru di Unity, kemudian tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama BelajarGUISkin.
Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.
Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer. Pastikan semua assets yang akan digunakan sudah di-import.
GUI Skin memiliki 2 jenis font, Ada font global yang letaknya di panel paling atas, dan ada font lokal yang berada di setiap parameter GUI.
Ubah font khusus button dengan drag file font pada Assets ke Button -> Overflow. Atau klik tombol kecil di sebelaha kanan kolom Font lalu browse, cari Font pada Asset.
Lalu ubah Font Size menjadi 24.
Ganti Background pada Toggle:
Button -> Normal
Button -> Hover
Button -> Active
Berikutnya pada Button, istilah Toggle mungkin agak kurang familiar. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah Checkbox. Pada Contoh kali ini, toggle dimanfaatkan untuk pengaturan suara.
Ganti Background pada Toggle:
Toggle -> Normal
Toggle -> Hover
Toggle -> Active
Toggle -> On Normal
Toggle -> On Hover
Toggle -> On Active
Kemudian, buat script C# baru dan beri nama MenuSkin.cs dan edit file menjadi seperti berikut
Pasang script MenuSkin.cs pada GameObject (misalnya MainCamera), lalu pasang parameter mySkin dengan BelajarGUISkin.
Selanjutnya kita jalankan Game, contoh tampilan saat game dijalankan seperti gambar di bawah ini
https://www.budiluhur.ac.id/
Komentar
Posting Komentar