Karakter dan Animasi 3D

Buatlah Project 3D baru di Unity. Import package Standard-Asset & Kiky Si Kancil




Kemudian tambahkan sebuah Terrain yang memiliki texture rumput.







Cari folder Characters pada Assets, pilih folder ThirdPersonCharacter, pilih Prefabs dan masukkan prefab ThirdPersonController ke dalam Scene.


Akan ada sesosok laki-laki berambut rancung yang seluruh kulit dan bajunya berwarna abu-abu. Namanya adalah Ethan, ia adalah salah satu model bawaan Unity yang texturenya memang sengaja dihilangkan.


Selanjutnya tambahkan prefabs FreeLookCameraRig yang bisa didapatkan pada folder Prefabs di dalam folder Cameras. Sebelumnya, hapus dulu object Main Camera pada Hierarchy karena fungsi kamera akan kita ganti menggunakan FreeLookCameraRig ini.



Klik prefabs FreeLookCameraRig dan pada parameter Target, drag ThirdPresonController alias karakter Ethan.


Silahkan coba jalankan game, gerakkan karakter Ethan dengan keyboard dan kamera akan secara ‘otomatis’ mengikuti dari belakang.




Buka folder Model dan pasang object UnitySiKancilX.blend

File *.blend adalah file Blender yang dapat dikenali oleh Unity. Jika karena suatu hal file tersebut tidak dapat dibaca, disarankan untuk menginstal software Blender terlebih dahulu. Software ini gratis.



Setelah di convert dari blender, maka simpan ke unity lagi, dan hasilnya akan seperti ini :


Tambahkan texture dengan cara klik texture pada panel Assets dan tarik langsung ke mesh Kiky Si kancil.


Selanjutnya tambahkan CharacterController dengan cara klik menu Component -> Physics -> Character -> Controller.


Mulai Unity 4.0 disarankan untuk menggunakan CharacterController dan menghindari Rigidbody untuk pengendalian karakter yang ‘rumit’.


Atur Size CharacterController sehingga meliputi seluruh tubuh Kiky Si Kancil.





https://www.budiluhur.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Translate dan Raycast dengan Unity

E-Payment

AI Sederhana