E-Business







E-Business / electronic business adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang/jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi. E-Business tidak dapat bekerja tanpa strategi, strategi e-bisnis dibutuhkan untuk mendukung arah strategis perusahaan secara keseluruhan.

E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja
e-bisnis memili cakupan yang berbeda. bisnis konvensional mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti rapat ditempat khusus atau sekedar berkenal dengan partner bisnis. sedangkan e-bisnis mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.

  • beberapa jenis E-Business yang biasa dilakukan :
  • B2B (Business to Business), bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan perusahaan lain, baik itu perusahaan yang bergerak pada bidang industri yang sama ataupun berbeda. B2B ini biasanya dilakukan untuk menghemat biaya transaksi
  • B2C (Business to Consument), kegiatan pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. transaksi penjualan dapat dilakukan di internet dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen dengan melihat harga-harga yang sudah tercantum. contoh, giestore aksesoris dan asus store 
  • C2C (Consumer to Consumer), sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu.
  • C2B (Consumer to Business), transaksi pertukaran atau jual beli barang secaa tradisional. seperti individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut dan melakukan transaksi. 
  • G2B (Government to Business), suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online. contoh, pendaftaran perusahaan, pelelangan dan penjualan yang dilaksanakan oleh pemerintah. 
  • B2G (Business to Government), mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti iklan. 
  •  G2G (Government to Governments), kebutuhan untuk berinteraksi antar satu pemerintah dengan pemerintah lain setiap harinya. selain itu, untuk memperlancar kerjasama antar negara dan kerjasama antar entiti-entiti negara dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perdagangan, proses-proses politik, mekanisme hubungan sosial dan budaya. contoh : pajak online, mencari pekerjaan, layanan imigrasi, layanan kesehatan, beasiswa.
  •  keuntungan dari E-Business
  • menyederhanakan proses bisnis
  •  meningkatkan produktivitas dan efisiensi
  • mempersingkat waktu pengiriman ke pelanggan
  •  menawarkan produk atau layanan yang lebih kompetitif kepada pelanggan
  •  meningkatkan sistem layanan pelanggan  
  • fokus E-Business
  • bisnis tradisional berfokus pada produk, harga dan distribusi saluran
  • e-bisnis berfokus pada pelanggan, fokus pada apa yang dibutuhkan dan kepuasan pelanggan  
  •  apa yang pelanggan inginkan?
  • mempersingkat waktu pengiriman dan tepat waktu 
  •  berkomitmen melayani pelanggan
  •  konsisten dengan harga yang kompetitif
  •  dirawat dan dipelahar secara pribadi
  •  kebutuhan pelanggan
  • customers fundamentals 
  • jangan membuang waktu. 
  • ingat siapa kita.
  • memudahkan kami untuk memesan dan mendapatkan layanan. 
  • pastikan layanan anda memuaskan kami.
  • sesuaikan produk dan layanan untuk saya. 
  • customers expect companies to continuosly improve the followings 
  •  kecepatan
  • kenyamanan
  • personalisasi
  • harga 
  • 5 aturan pada E-Business
  • teknologi tidak lagi menjadi pertimbangan dalam membentuk strategi bisnis, tetapi lebih kepada penyebab. 
  •  kemampuan untuk mengatur struktur informasi dan mengontrol alirannya, layanan yang jauh lebih kuat dan lebih efektif daripada yang bergerak dan memproduksi produk fisik.
  • ketidakmampuan untuk mendesain bisnis yang dominan dan ketinggalan jaman sering menyebabkan kegagalan bisnis. 
  •  menggunakan e-commerce, perusahaan dapat mendengarkan pelanggan dan menjadi yang paling terbaik.
  • jangan gunakan teknologi hanya untuk menciptakan produk. tetapi gunakan produk untuk berinovasi, menghibur dan meningkatkan seluruh pengalaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Translate dan Raycast dengan Unity

E-Payment

AI Sederhana